Ini nih 6 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Menyetrika di Rumah

Ini nih 6 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Menyetrika di Rumah – Menyetrika pakaian merupakan salah satu pekerjaan di rumah yang pastinya dilakukan setiap hari bagi ibu-ibu. Manfaat dari menyetrika sebenarnya cukup banyak. Tak hanya agar pakaian menjadi lebih rapi, namun juga dapat membunuh bakteri.

Tak hanya itu, kegiatan menyetrika juga dapat membakar sekitar 150 kalori loh. Panas yang dikeluarkan oleh setrika dapat membuat anda keringat.

Meski dilakukan setiap hari, namun masih banyak yang menyetrika dengan cara yang salah. Berikut 6 kesalahan yang sering terjadi saat menyetrika di rumah.

Baca Juga : Begini Tips Menata Kamar Bayi Untuk Menyambut Kedatangan si Kecil!

Ini nih 6 Kesalahan yang Sering Terjadi Saat Menyetrika di Rumah

1. Pakaian yang terlalu kering

Apabila pakaian masih dalam kondisi kering, usahakan untuk tidak langsung disetrika karena dapat membuat pakaian menjadi kusut. Sebaiknya berikan cairan pewangi khusus setrika sebelum disetrika.

Anda juga bisa memanfaatkan setrika yang memiliki fitur uap agar dapat membantu mebuat pakaian jadi lebih rapi saat disetrika.

2. Sesuaikan dengan jenis kain

Seperti yang diketahui, alat setrika membutuhkan waktu untuk dipanaskan. Selagi menunggu setrika panas, anda bisa mulai menyetrika pakaian dengan bahan yang halus duluan seperti polyester dan sutera.

Jika suhu setrika sudah mulai panas, anda bisa mulai menyetrika pakaian yang lebih tebal seperti bahan kapas. Jika anda melakukannya terbalik, setrika yang terlalu panas malah akan merusak pakaian yang lebih halus.

3. Tidak rutin membersihkan setrika

Biasanya alat setrika sangat jarang diperhatikan kebersihannya oleh ibu-ibu di rumah. Hal ini sebenarnya cukup penting mengingat setrika yang tiap hari digunakan. Pastikan agar permukaan setrika tidak ada sisa kain ataupun air karena dapat merusak kinerja setrika.

Bersihkan setrika secara rutin dalam keadaan dingin. Anda juga bisa memanfaatkan baking soda untuk memudahkan membersihkan permukaan setrika.

4. Mendiamkan air di dalam setrika

Apabila setrika anda memiliki tempat penyimpanan air yang biasa di gunakan untuk menghaluskan pakaian, pastikan untuk rutin membuang air yang tersisa agar tidak beresiko bocor yang dapat membuat warna pakaian menjadi pudar dan rusak.

5. Menggunakan alas setrika yang tepat

Biasanya papan setrika yang dijual di pasaran memiliki bentuk yang dapat membuat pekerjaan menyetrika di rumah menjadi lebih mudah. Namun anda harus perhatikan tekstur papan. Jika tesktur papan tidak lembut, malahan dapat membuat pakaian menjadi rusak.

Pastikan agar tekstur papan setrika rata dan halus agar menyetrika jadi lebih mudah dan rapi.

6. Tidak menggunakan bantalan yang cukup

Menggunakan papan saja tidak cukup, terkadang anda membutuhkan 2-3 lapis alas di atas papan untuk dijadikan bantalan menyetrika. Dengan begitu dijamin hasil setrikaan akan lebih rapi dan tidak merusak pakaian anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *